Rabu, 04 Januari 2017

SABAR

Asslamu'alaikum...Hi Sahabat blogger..gmn kabar? sehat semua kan? Alhamdulillah...mumpung lg ada waktu luang nih iseng2 pengen ngepost lg di blog yg udah lama sekali ga keurus karena beberapa hal, wekekeke...Ok dah langsung saja ni bro....Tak sengaja saat buka-buka buku catatan pribadi, saya menemunakan sebuah artikel yg saya beri judul "SABAR". Memang sih tulisan ini saya buat waktu dulu sekitar thn 2013 an, jadi sudah hampir 4 tahunan krn skrng sdh bln januari  thn 2017,wkwkwk.. Kebayang ga sih udh lama bingit..hihihi...Tapi tak apalah krn dilihat dr judulnya nampaknya akan tetap enak dibaca kapanpun, jd  saya post aja di blog INI... ciee...#ngarep bgt sih klo ada yg mau baca...wakakaka..ya iyalah, secara kan judulnya SABAR boozzz...hehe...Ok langsung saja. Check it out...
" SABAR"
        Setelah bertahun-tahun saya hidup, kurang lebih 25 thn, saya baru menyadari bahwa sabar itu memang tidak ada batasnya. Sungguh agak keliru jika ada orang yg mengatakan bahwa sabar itu ada batasnya, ya kan bro..? Hehe..
      Belajar dr pengalaman hidup yg saya alami sendiri, menang sudah seyogyanya bahwa manusia harus sabar terus menerus selama kita masih hidup di alam yang namanya Dunia, dengan kata Lain bahwa sabar itu tdk ada batasnya.
     Ketika kita mengharapkan sesuatu yang belum juga dapat terwujud dalam kehidupan kita, maka jawabannya adalah sabar. Ketika kita sedang ditimpa banyak masalah maka jawabannya adalah sabar. Meskipun saya sendiripun mengakui bahwa belum sepenuhnya saya dapat menerapkan definisi sabar tersebut dalam kehidupan, karena saya hanyalah manusia yg tak sempurna, memang ada yah makhluk sempurna? kayaknya ga ada sih makhluk sempurna; termasuk jg saya hehe..coz saya punya banyak dosa.
       Bila diingat-ingat pastilah dosa saya begitu banyak; entah dosa yg sdh saya prbuat terhadap sesama ataupun dosa yg sdh saya perbuat kepada Sang Pencipta. Sungguh saking banyaknya saya tdk bisa menyebutkannya satu-persatu. So, langkah yg paling tepat adalah saya harus tetap bersabar dalam memohon ampun kepada Alloh SWT atas semua dosa-dosa yg pernah saya lakukan sembari terus mencoba memperbaiki diri serta mencoba sekuat tenaga dlm meninggalkan perbuatan maksiat yg berujung pada bertambahnya dosa.
       Kembali kepada "Sabar terhadap Sesuatu yang belum kita dapatkan". Meskipun sulit nampaknya sesuatu akan terwujud, tetapi kita tidak boleh menyerah dlm berdo'a dan berharap hanya kepada Yang Maha Kuasa sambil berusaha seklaipun kemungkinan terwujudnya itu tipis setipis kulit ari. Sungguh Tuhan bisa membuat sesuatu yg tdk ada menjadi ada, sesuatu yg blm terjadi menjadi terjadi dan sesuatu yg kelihatannya mustahil akan bisa terwujud karena Tuhan maha berkehendak dan Dia berkuasa atas segala sesuatu." Sesungguhnya sabar itu sebagian dari Iman", berangkat dari sebuah terjemahan hadits itulah saya mencoba untuk menguatkan kesabaranku, sungguh tidak ada orang yang lebih beruntung dari orang yang beriman.
        Sabar dalam menerima dan menjalani qodo' dan qodarnya Allah baik yg dirasa buruk ataupun yang dirasa baik adalah sebuah kewaiban karena hidup itu sendiri merupakan sebuah ujian untuk kita yang bernama "manusia". Akan tetai percayalah bahwa Tuhan tidak akan menganiyaya hambanya, yang ada mereka (manusia) kebanyakan menganiyaya diri mereka sendiri. meskipun ketika saya sedang menulis tulisan merasa bahwa saya jauh sekali bila dikategorikan sebagai orang yang penyabar, tapi waib utk terus berusaha sebisa mungkin menjadi orang yang penyabar. tak terasa waktu sudah mulai menunukan jam 1 malam, udah dulu ye nulisnya..wekekeke...

Yaah...ternyata setelah saya tulis artikenya cuman segitu, tapi ga papalah yang penting original itu tulisannya, ga perlu panjang-panjang, yang penting udah bisa dibaca, hehe...
Semoga ada manfaatnya...^_^
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar: